12 MODUL APLIKASI PDAM BELU

12 Modul Aplikasi PDAM Belu

Saat ini Managemen PDAM Kabupaten Belu telah memiliki sistem online kerjasama dengan PT Bima Sakti Alterra Denpasar-Bali (Program SI PDAM Pintar). Untuk fase pertama, telah dipasang 8 modul sejaka tanggal 15 Oktober - 8 Nopember 2019 dan pada awal tahun 2020, akan dipasang lagi 4 modul aplikasi.

Semua ini mencakupi 4 aspek yakni Aspek Keuangan, Aspek pelayanan, aspek Operasional dan Aspek Sumber Daya Manusia. Dengan rincian berikut:
1. Aspek Keuangan meliputi: Billing dan Loket (efisiensi penagihan, tarif rata-rata, volume air terjual, produktivitas loket, LPP), Akuntansi (neraca komparatif, arus kas dan laba rugi), Kinerja keuangan (rentabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas).
2. Aspek Pelayana meliputi: Info pelanggan (info tagihan, konte web), Baca Meter (produktivitas baca meter, produktivitas petugas), Hubungan Langganan (tingkat penyelesaian aduan, pertumbuhan pelanggan), Perencanaan (RAB dan realisasi), Distribusi (SPK dan BAP sambungan baru, SPK dan BAP penagihan), Gudang (stok barang), Kinerja pelayanan (cakupan pelayanan teknis, pertumbuhan pelanggan, tingkat penyelesaian aduan, kualitas air pelanggan, konsumsi air domestik).
3. Aspek Operasional meliputi: Proksi Air dan NRW (beban pemakaian bahan instalasi dan kimia), Kinerj Operasional (efisiensi produksi, tekanan air pada sambungan, pergantian/kalibrasi meter).
4. Aspek Sumber Daya manusia meliputi: kinerja SDM (pegawai, Ratio Diklat dan Ratio Biaya Diklat. selain berbagai data aspek (data kependudukan, data kelengkapan aspek dn data user).

Untuk memudahkan para pelanggan dan masyarakat umum bisa mengakses informasi pada website PDAM Kabupaten Belu: www.pdambelu.co.id. Juga untuk melakukan pembayaran secara online untuk saat ini pada loket I (Kantor PDAM Belu) dan Loket 2 (Plaza Publik Timor Atambua). Sedangkan untuk pembayaran melalui Bank dan Pos Giro sedang dalam tahapan pendekatan kerja sama mitra.

Sumber

https://www.facebook.com/pdam.belu