SERAH TERIMA KELOLA SEMENTARA SPAM MOLOSOAN

Atas usulan pemerintah Kabupaten Belu telah dibangun SPAM Moloson pada tahun anggaran 2019 bersumber dana APBN sebagai SPAM Pengaman SPAM Lahurus. Karena itu SPAM Molosoan dibangun tiga reser baja glastik dan satu unit bak tower di sepanjang jalan Lahurus – Atambua  untuk mengaliri masyarakat pelanggan sepanjang jalan Sarabau, Bauho, Manleten (Wedomu, Baulenu, Motaoe, Boretetuk, Halifunan, Raibasin, Markas Yonif RK 744 Tobir) dan Baukoek dan sebagian alirannya terus ke Atambua. Dengan demikian SPAM Lahurus dinormalisasi dan difungsikan sesuai perencanaan awal, berfungsi optimal mengisi reservoir Weaituan untuk kebutuhan masyarakat pelanggan di Kota Atambua termasuk beberapa wilayah ketinggian seperti Weaituan, Wekatimun, Lolowa, Haliren dan bisa menuju umanen. Seluruh tapping di sepanjang jalan ditutup sehingga debit produksi Lahurus seutuhnya masuk kota Atambua.

SPAM Molosoan yang dibangun telah rampung dikerjakan dua kontraktor dengan pembagian dua zona yakni zona sumber dan zona distribusi. Pihak PPK dan direksi SPAM Molosoan saat ini berupaya untuk menyerahkan sementara kepada PDAM Kabupaten Belu. Penyerahan dokumen Berita Acara Serah Terima Pengelolaan yang berkasnya diserahkan oleh  Ferli Efendi, SE, ST, MT sebgai pejabat pembuat komitmen PSPAM Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Propinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Sabtu, (8/2/2020) di ruang kerja direktur PDAM Kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu, Diretur  PDAM Kabupaten Belu  Yunius Koi Asa, S.Fil  menyampaikan terima kasih kepada pihak Balai PPW NTT (PPK dan Direksi) yang telah membangun SPAM Molosoan dan sebelum menandatangani berkas berita acara serah terima pengelolaan ini akan dilakukan pemeriksaan lapangan terlebih dahulu sesuai as build drawing oleh team terpadu (PPK/Direksi, PDAM dan Kontraktor) sehingga SPAM Molosoan ini memiliki asas manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Belu sebagai upaya pemerintah melalui PDAM Kabupaten Belu melayani kebutuhan dasar masyarakat akan air minum dan air bersih.

 

Sumber: Admin