SUKSES DAN GAGAL: EVALUASI INTERNAL 2019

Managemen PDAM Kabupaten Belu dalam evaluasi internal tahun 2019 menyadari dan mengakui bahwa banyak keberhasilan dan kegagalan yang dialami. Hal ini dilakukan sebagai upaya koreksi dan refleksi secara lembaga publik milik pemda Belu (BUMD) sehingga menjadi bahan dan program dalam perjuangan sebagai perusahaan berorientasi profit dan sosial bagi masyarakat Kabupaten Belu.

Dalam tahun 2019, berhasil menambah pelanggan baru bagi melalui program reguler dan bantuan program sambungan rumah (SR) kepada masyarakat berpenghasilan baik melalui Dana Alokasi Khusus maupun APBN jalur reguler dan aspirasi pemangku kepentingan (DPR RI) oleh Bapak Fary Francis ketua Komisi V DPR RI periode 2014-2019. Selain itu mendorong bersama Pemerintah daerah (Bupati) berhasil membangun SPAM baru Molos Oan yang didukung penuh oleh Bapak Fary Francis, ketua komisi infrastruktur yang memiliki hak palu anggaran APBN. Sebagai tekad dalam dunia online, PDAM Belu berhasil membangun sistem aplikasi PDAM Pintar bekerja sama dengan unicorn terbesar kedua di Indonesia, PT Bima Sakti Alterra Den Pasar; Bali. Bekerjasama dan dukungan program dan biaya Aplikasi Quantum Geographic Information System dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) dan Akademi Teknik Tirta Magelang yang langsung dipimpin oleh Direkturnya. Kerja sama dengan berbagai pihak untuk kemajuan PDAM Belu termasuk penanaman ratusan pohon beringin, nimba dan jambu air. Dan sukses melakukan berbagai program kerja rutinitas, termasuk menambah kesejahteraan karyawan program gaji 13 selain tunjangan hari raya.

Dan perlu akui bahwa banyak masyarakat pelanggan yang belum mendapat layanan dari managemen PDAM terutama wilayah dataran tinggi dan susahnya mendapat sumber air baku untuk dibangun SPAM Baru. Tunggakan menjadi perhatian karena sebagian besar kesadaran rendah dari pelanggan yang menyita kerja keras team tagih dan hubungan langganan. Selain itu satu dua oknum pegawai yang kerja tidak sesuai aturan perusahaan, sehingga terus diarahkan dan dibina.

Semoga di tahun baru 2020 terus kompak kerja memajukan PDAM Kabupaten Belu baik managemen PDAM, Dewan Pengawas dan Pemda (Bupati dan Wakil Bupati) sebagai program prioritas untuk memenuhi hak dasar rakyat atas air minum.

Sumber: Admin/Direktur PDAM Kabupaten Belu